Cara Menanam Cabai Di Pot Agar Hasil Melimpah


Cara Menanam Cabai Di Pot Agar Hasil Melimpah

Pilih dan persiapkan bibit  cabe dengan kualitas unggul bebas hama penyakit adalah syarat utama agar hasil panen nantinya akan melimpah dan tahap selanjutnya adalah menyemaikan benih cabe tersebut.

"cabe"

Baca juga:
1.Persemaian Benih Cabai
Sebelum bibit cabai di tanam kedalam media pot sebaiknya disemaikan terlebih dahulu hal ini bertujuan agar tanaman cabai sudah tumbuh tunas dan menyeleksinya beberapa benih yang pertumbuhannya tidak sehat seperti kerdil  dan sebagainya. Berikut dibawah ini cara penyemaian benih:

"cabe1"

Siapkan polibag uk8cmx9cm, daun pisang dan petakan tanah. Buatlah petakan tanah yg di campur dengan pupuk kompos.Usahakanlah butiran tanah dapat diolah hingga halus agar akar bibit yang disemai dapat menembusnya dengan mudah kebawah untuk mencari nutrisi kedalam tanah. 

Ketebalan petakan tersebut antara 6 hingga 10cm. Masukan benih cabai kedalam larikan kemudian tutup dengan campuran tanah dan abu lalu siram dengan air secukupnya. Tutup petakan tanah yang telah ditanami cabai tersebut dengan menggunakan karung goni basah dan biarkan 4 hingga 5 hari. 

Kemudian bibit akan tumbuh dan muncul setelah umur tanam 4 hari, ambil karung goni tersebut lalu ganti dengan pemasangan naungan buatan untuk melindungi bibit baru dari sinar matahari dan hujan. Dan setelah usia persemaian bibit berumur kurang lebih 4 minggu pada saat itu biasanya tanaman cabe sudah mulai berdaun 2 hingga 4 helai.

2.Persiapan Media Tanam Pot


Siapkan pot atau Polibag ukuran >30cm, tujuan dari media pot yang besar adalah agar media tanam mampu menopang pengakaran tanaman pada saat cabai beranjak  dewasa.Kemudian isi pot atau polybag dengan beberapa campuran tanah seperti kompos pupuk kandang, arang sekam, sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1 campur hingga merata. Lalu lanjutkan mengayak campuran  tanah tersebut  sehalus mungkin

Selanjutnya setelah media tanam siap mamindahkan benih yang telah memiliki beberapa helai daun kedalam Pot. Saat pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada saat pagi hari atau sore hari untuk menghindari terik panasnya matahari. Pindahkan dengan hati-hati beserta tanah yang masih menempel bersama akar bibit cabai kedalam Pot lalu tutup kembali dengan menggunakan tanah agar tidak mudah roboh.

3.Teknik Perawatan


Lakukan perawatan secara berkala agar menghasilkan pnen yang melimpah, lakukan pemupukan secara rutin 1 bulan sekali hingga masa panen  untuk  menambah unsur  hara yang dibutuhkan tanaman cabai tersebut.

Pada tanaman cabe di dalam media Pot, membutuhkan  air yang cukup banyak untuk itu lakukan penyiraman yang cukup dengan rutin menyirami cabe didalam Pot setiap pagi dan sore hari.  Dan jika ketinggian cabe mencapai sekitar 25cm buatlah penopang dari bambu agar tanaman cabe di dalam Pot tidak mudah roboh.

Demikian postingan kali ini cara menanam cabai di Pot agar hasil melimpah semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya sampai jumpa pada postingan beikutnya.