Cara mengatasi Hama Cabe Keriting

Cara Mengatasi Hama Cabe  Keriting
Cara Mengatasi Hama Cabe Keriting. Daun keriting pada tanaman cabe adalah masalah yang sering membuat ketakutan para petani. Dan bisa di pastikan jika tanaman cabe terserang penyakit ini tidak dapat panen alias gagal.Cabe kerdil tk dapat berkembang tumbuh dengan baik tak dapat berbuah dan jika di biarkan di pastikan akan mati. Keritingnya Daun pada cabe di sebabkan oleh berbagai macam jenis hama, antara lain seperti; 
Baca juga:
Cara menanam jagung manis
Cara mengatasi hama penyakit tanaman singkong
Mengetahui jenis hama penyakit Jeruk
Jenis hama yang banyak menyerang padi
"trhips"
  • Hama Thrips,dengan nama latin Thrips Parvisipinus bentuknya sangat kecil tapi masih bisa di lihat oleh mata telanjang, ukuranya kurang lebih 0,5-1,5 mm. Bebagai tanaman juga dapat diserang oleh hama Trips, karena jenis hama ini pemakan tanaman apa saja, sedangkan yang sering diserang oleh hama ini selain cabe adalah kopi, bayam,labu, ubi jalar,kentang, bayam, kapas dan masuh banyak lagi. Hama ini menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan tanaman pada daun muda dan bunga.Sedangkan untuk gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini terlihat pada permukaan bawah daun atau bunganya.Kerusakan pada tanaman cabe yang terserang hama ini ditandai dengan adanya bercak-bercak putih atau keperak perak an untuk awalnya akan tampak terlihat dekat tulang daun lalu akan menjalar ke tulang daun hingga seluruh permukaan daun menjai kuning. Lalu daun akan menjadi coklat, dan mengeriting keriput pada ahirnya kering.Pada tahap serangan yang tinggi bagian tepi daun akan mengerut,  lalu menggulung ke atas dan terdapat benjolan seperti tumor. Pada daun yang menggulung tersebut dijadikan tempat berkembang biak Hama Trips ini, dan jika dibuka gulungan tersebut akan tampak Imago atau anak Hama Trips yang brkelompok, jika tanaman cabe sudah terserang hama trhips ini mengakibatkan pertumbuhan tanaman cabe menjadi kerdil dan tidak akan dapat berbunga.    

    Cara Mengatasi Hama Cabe Keriting
  • Hama Tungau Mite, ada dua jenis tungau yang menyerang  tanaman cabe yang disebut tungau kuning atau polyphagotarsonemus latus dan tungau merah Tetranycus sp. Dan hama jenis in menyerang tanaman cabe dengan cara menghisap cairan daun. Yang diserang biasanya daun tanaman cabe yang ketiga hingga ke bawah. Dan daun akan menguning serta akan menggulung ke sisi bawah, mirip seperti sendok yan terbalik. Dan jika daun cabe yang menggulung kita buka dan perhatikan secara seksama akan tampak binatang yang lembut seperti tepung yang bergerak lambat. Akibat dari tanaman cabe jika terserang hama jenis ini pertumbuhan daun muda pasti akan terhambat, yang pada ahirnya daun akan menjadi coklat dan  mati mengering. 
    "Kutu Daun"
  • Kutu Daun Myzus Persicae. Hama ini sering disebut kutu kebul, cara menyerang pa tanaman cabe hama ini sama dengan Thrips  dan Tungau yaitu menghisap cairan pada daun. Tetapi hama Kutu daun ini menghasilkan ekskresi  cairan yang manis hingga mengundang datangnya semut. Sehingga indikasinya jika cabe terserang dengan kutu daun ini terlihat adanya semut yang semakin banyak.Dan residu cairan hasil ekskresi tersebut mengundang adanya jamur atau cendawan yang dapat dilihat adanya jelaga hitam oada lapisan daun. Jika cabe terserang dengan hama kutu kebul ini hanya akan menggulung daun pada ujungnya saja, dan di pastikan tanaman cabe akan kerdil dan mengganggu pertumbuhanya,tidak subur susah untuk berbunga dan menyebabkan kematian. Hama Virus. Serangan virus dapat terjadi pada cabe karena adanya hama kutu kebul dan thrips.Kedua hama ini merupakan carier dan pembawa virus, Cucumber Mosaik Virus (CMV). Indikasi jika hama virus  ini menyerang pada tanaman cabe adalah terlihat bercak agak kekuningan pada daun, ada bercak kuning di atas permukaan daun, dan akan melebar pada seluruh permukaan daun lalu menguning. Ukuran daun akan lebih kecil dari ukuran normal, kaku dan melengkung dan terlihat keriting, ssetelah menguning sebagian daun akan rontok lalu pada ahirnya cabe akan menjadi kerdil dan mati.
Baca juga cara mudah menanam cabe merah keriting

Cara Mengatasi Hama Cabe Keriting. Demikian tadi  beberapa hama yang terdapat  pada tanaman cabe, yang menyebkan daun cabe keriting dan kematian. Sesudah mengetahui penyebabnya tentunya kita juga harus mengetahui cara menanggulanginya, baik dengan pencegahan preventif msupun pengendalian kuratif. Untuk cara pencegahanya Silahkan Baca Cara Membasmi Hama Daun Keriting Pada Cabe.