Jenis Hama Yang Banyak Menyerang Padi Dan Cara Membasminya

Jenis Hama Yang Banyak Menyerang Padi Dan Cara Membasminya

Pada tanaman padi tak pernah terlepas dari ancaman hama dan tentu itu sangat meresahkan bagi para petani, oleh karena itu kita harus bisa mengetahui atau mengenal jenis-jenis hama tersebut. Dengan mengetahui hama pada padi, kita atau para petani dapat menerapkannya dengan tepat . Karena bertujuan untuk mencapai terkendalinya serangan hama dan harapan untuk dapat menghasilkan padi yang baik tercapai. Berikut beberapa hama padi :

Baca juga:
Modifikasi motor terbaru
Resep masakan
Cara ,menanam sawi di pot 

"padi"

1.        TIKUS
Tikus menyerang padi mulai dari bibit hingga menjadi tanaman yang berisi. Tikus menyerang padi pada waktu tertentu namun biasa mereka lebih aktif pada malam hari karena pada siang hari tikus itu bersembunyi di tempat tinggal nya yaitu semak,lubang tanggul irigasi,pekarangan dll. Mereka berkembang biak dengan waktu yang cepat dan dengan jumlah yang tidak sedikit pula, yang mengakibatkan kerusakan padi yang sangat parah dan sangat merugikan bagi para petani. Ada beberapa cara menghilangkan hama yang satu ini,salah satunya yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan keberadaan musuhnya seperti ular sawah atau memburunya secara manual.

Baca Juga lainya:

2.       KEONG MAS
Keong mas biasa menyerang tanaman padi pada mulai pembibitan,dengan memakannya yang menyebabkan bibit hilang. Ada beberapa cara untuk mengendalikan hama ini, bisa menggunakan cara dengan mengambil telur dan keong mas pada tempat penangkaran atau budidaya. Ada juga dengan membuat parit kecil kemudian diberi daun pisang atau daun pepaya sebelum area budidaya padi dikeringkan. Dengan adanya parit yang berisi air dan dedaunan ini akan membuat keong mas berkumpul yang dapat memudahkan pengambilan.

3.       PENGGEREK PADI
Penggerek padi atau lebih dikenal dengan sundep serangan ini biasanya terjadi pada saat fase tertentu yang salah satunya ditandai daun tengah atau pucuk tanaman yang akan mati karena pada saat tumbuh akan dimakan oleh larva penggerek batang. Kehadiran hama ini biasa nya ditandai dengan kehadiran ngengat atau juga biasanya kematian pada tunas padi. Untuk mengendalikannya bisa menggunakan insektisida.

4.       WERENG
Wereng memiliki beberapa jenis yaitu wereng coklat,putih dan hijau. Wereng menyerang dengan menghisap padi yang dapat menularkan virus pada tanaman,yang dapat menyebabkan padi kering dan pertumbuhannya menjadi kecil-kecil saja atau kerdil. Hama ini dapat dikendalikan dengan menggunakan musuh alami BEAUVERIA BASSIANA.

5.       WALANG SANGIT
Walang sangit biasa menyerang padi pada waktu padi sudah memasuki fase masak susu, walang sangit menyerang bulir padi dengan menghisap cairan nya yang dapata mengakibatkan padi yang akan dihasilkan terasa hampa,kurang enak,berkerut dan berwarna coklat. Mengendalikannya bisa dengan cara memusnahkan telur walang sangit dengan melepas musuh alami nya yaitu jangkrik dan laba-laba.

6.       BURUNG
Burung menyerang padi pada fase yang sama dengan hama walang sangit yaitu fase masak susu dan sampai padi panen. Hama ini menyerang padi dengan langsung memakan bulir padi yang sedang menguning dan menyebabkan hilangnya secara langsung. Pengendalian hama burung ini dapat dilakukan dengan cara pengusiran dengan membuat tali atau rumbai berwarna merah yang diletakkan disekitar sawah dengan digantung atau dapat juga menggunakan dengan kaleng-kaleng bekas untuk membuat suara yang dapat mengusir burung atau juga dapat menggunakan jaring yang dipasang pada lahan sawah.

Demikian artikel jenis hama yang banyak menyerang padi dan cara membasminya yang dapat kami berikan kali ini , semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi  semuanya terimakasih.