Cara menanam semangka Agar Hasil Melimpah

CARA MENANAM SEMANGKA AGAR HASIL MELIMPAH
"cara menanam semangka"

CARA MENANAM SEMANGKA AGAR HASIL MELIMPAH.Pada kesempatan ini penulis akan mengulas bagaimana cara menanam semangka dengan metode yang praktis tetapi tentu saja dapat menghasilkan buah yang sangat melimpah dan menghasilkan. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang berbentuk lonjong dan bulat dengan rasa yang manis. Semangka mempunyai kandungan air yang cukup banyak sehingga jika kita mengonsumsinya dapat menghilangkan rasa haus juga dahaga. Tak ayal untuk saat ini  jika pada saat bulan puasa tiba buah ini menjadi pembuka hidangan. Akan tetapi banyak juga saat ini buah yang satu ini di jadikan hidangan penutup pada pesta-pesta hajatan. Karena semakin meningkatnya permintaan pasar akan  kebutuhan buah semangka ini, maka menjadikan buah yang satu ini sebagai peluang usaha baru, dan siapapun dapat menanam buah ini  agar dapat meraih keuntungan yang lumayan banyak.Agar dapat menanam semangka ini tidaklah terlalu sulit, Asal kita tau teori dan prakteknya dan kunci utama keberhasilan adalah ketekunan agar mendapat hasil panen yang melimpah.
"cara menanam semangka"

Langkah Untuk menanam Buah semangka
Buah Semangka ini sangat cocok untuk tumbuh pada lingkungan curah hujan antara 40 hingga 50mm setiap bulanya. Buah ini akan berkembang dengan baik jika di tanam pada suhu sekitar 25 derajat celcius pada siang hari. Dan daerah yang cocok untuk ditanami semangka ini adalah daerah kering dan miskin akan uap airnya. Oleh sebab itu daerah yang sesuai dengan kondisi lingkungan di atas dapat membantu memaksimalkan pada tanaman semangka ini. Buah semangka di tanam pada lahan terbuka yang harus terkena sinar matahari secara langsung, karena kurangnya sinar matahari ini dapat berpengaruh pada pertumbuhan buah semangka itu sendiri,karena jika suplay sinar matahari tersebut berkurang dapat membutuhkan waktu yang lama untuk  kematangan buah. Untuk tanaman jenis ini tanah yang cocok adalah daerah yang memiliki unsure hara yang tinggi, dengan PH 6 hingga 7. Apabila jika tanah belum mempunyai criteria itu sebaiknya lakukan pengapuran hingga PH tanah disesuaikan.

Pengolahan lahan
Lakukan sanitasi pembersihan lahan usahakan lahan bebas dari pengganggu seperti tanaman gulma, batu batuan dan tanaman liar. Buatlah bedengan supaya air di dalam tanah dapat mudah untuk dialirkan. Pada tanaman Semangka tidak terlalu menyukai air sehingga perlu menjaga lahan agar selalu kering. Tambahkan pupuk Organik / pupuk kandang sebelum melakukan penanaman bibit semangka, jka unsur Hara pada Tanah cukup dapat memulai proses penanaman.
Buatlah lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 30X30X30Cm dan untuk kedalaman pada lubang tanam 8Cm hingga 10Cm. Lubang tanam ini sebaiknya dibuat 7 hari sebelum proses penanaman bibit. Agar pertumbuhanya baik lakukan penambahan pupuk dengan komposisi 4kg, pupuk ds 28 gr, zk 20 gr,  dan za 15 gr.

Pemilihan Benih/Bibit
Gunakan benih/bibit yang bagus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk jenis yang bibit semangka yang bagus adalah jenis hibrida  impor. Jenis bibit ini memiliki dua type yaitu haploid dan tripoid. Tripoid memiliki ciri cangkang yang keras. Sedangkan Haploid Ciri Cangkangnya tidak sekeras Tripoid.

Cara Menanam
Jika bibit telah disemai dan berumur 4 minggu maka pindahkan ke lahan tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sebelu memindahkan bibit lakukan penyiraman pada bedengan agar air meresap kedalam tanah untuk menjaga kelembapan pada tanah/lahan. Dan lakukan penanaman pada lobang bedengan yang telah dipersiapkan sebelumnya lalu tutup kembali lobang tersebut dengan tanah tipis hingga pangkal ujung bibit semangka.

Perawatan
Agar tanaman semangka memiliki kualitas yang baik lakukan penyiraman tiap pagi dan sore hari, ketika musim kemarau. Kelembapan pada lahan tanam harus diperhatikan agar  tanaman semangka dapt tumbuh secara maksimal. Lakukan penyiangan untuk membersihkan lahan dari gulma atau rumput pengganggu . Dan lakukan pemupukan dengan jenis dan dosis yang sesuai.
Agar tanaman terjaga unsur haranya perlu diberikan pipik NPK atau pupuk  kandang. Dan taburkan pupuk tersebut pada sekitar tanaman dengan jarak dari lobang tanam sekitar 10 Cm.

"cara menanam semangka"

Panen
Buah Semangka dapat di panen berbeda-beda tergantung dengan cuaca, akan tetapi semangka dapat dipanen dengan cirri-ciri daun buah yang sudah melayu, dan buah jika di tepuk berbunyi suara berat. Semangka dapat dipanen setiap hari dan gunakan gunting atau pisau untuk memotong bagian tangkai sekitar 3-5 cm dari pangkal buah.

"Cara Menanam Semangka"

CARA MENANAM SEMANGKA AGAR HASIL MELIMPAH.Demikian Artikel kali ini semoga tulisan ini bermanfaat artikel ini di pelajari dan di kutip dari bebagai sumber untuk menyempurnakan bahasanya agar mudah di pahami bagi para pembacanya. Baca Juga Mengatasi Hama Tanaman Semangka.