Cara Menanam Kacang Panjang Agar Panen Melimpah


Cara Menanam Kacang Panjang Agar Panen Melimpah
Kacang panjang merupakan tanaman sayuran yang tubuhnya menjalar dengan batang berwarna hijau dan membentuk segi enam. Daunnya berwarna hijau dengan ujung runcing  bunganya berbentuk seperti kupu2 berwarna biru tua. Tanaman sayuran ini kaya akan manfaat kandungan gizinya seperti protein, lemak, karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi vitamin B1 dan masih banyak lagi. Tanaman ini mudah tumbuh dengan baik di berbagi jenis lahan, baik lahan sawah, pekarangan rumah dan dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 800 m dpl dan jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman sayuran ini adalah tanah lempung berpasir atau latosol. Nah pada postingan kali ini kami akan berbagi cara  menanam kacang panjang agar panen melimpah . Selengkapnya simak dibawah ini: 
1.Persiapan lahan

Sebelum benih kacang panjang ditanam persiapan lahan seperti mengolah lahan harus dilakukan seperti membajak lahan hingga membuat bedengan dengan lebar 1 mtr persegi dengan tinggi 30 hingga cm namun untuk panjang dapat disesuaikan dengan luas lahan lalu lakukan pencampuran tanah dengan  pupuk kandang. Bedengan dibuat agar pengairan dan resapan air dapat merata dan juga tanah dapat mudah cepat mengering.
"kacang panjang2"

2.Persiapan Benih Kacang Panjang

Saat ini untuk mendapatkan benih kacang panjang sangat mudah karena di hampir setiap toko pertanian sudah menyediakan benih unggul kacang panjang. Pilihlah benih yang baik untuk ditanam cara memilih benih yang baik adalah jika benih yang akan ditanam direndam dalam air pilihlah benih kacang yang tenggelam dan tidak mengambang.
"kacang panjang4"

3.Penanaman
Setelah media tanah,  lahan siap untuk ditanami biarkan terlebih dahulu  selama kurang lebih 3 hingga 5 hari dan setelah itu  lakukan penanaman dengan cara melubangi menggunakan Tugal/kayu berbentuk seperti bambu runcing   dengan ukuran lubang 25cm x 75cm lalu  isi pada setiap lubangnya dengan 2 atau 3 benih kacang penjang setelah itu tutup kembali dengan menggunakan tanah. Sambil menunggu benih kacang panjang yang telah ditananm tumbuh, buatlah  tongkat dari bamboo untuk lanjaran, buatlah lanjaran dengan panjang sekitar 2 mtr yang nantinya lanjaran tersebut berfungsi untuk tempat merambatnya kacang panjang
"kacang panjang6"

4. Pemeliharaan Dan Perawatan

Pada tahapan perawatan jika tanaman kacang panjang sudah mencapai ketinggian 30cm biasanya kacang panjang akan melilit kelanjaran tetapi jika anda melihat tanaman kacang panjang menjalar ketanah dan tidak membelit lanjaran, maka ikatkan dengan menggunakan tali raffia ke tanaman kacang panjang  agar tanaman dapat merambat ke lanjaran.

5.Pengairan

Dalam perawatan  tanaman kacang panjang sangat perlu dilakukan tahapan pengairan agar tanamn dapt tumbuh subur secara maksimal. Berikan pengairan dengan cara menggenangi lahan dengan air dan jika seluruh permukaan tanah sudah lembab maka keluarkan air dari area lahan. Namnu jika lahan anda  tidak berada di area irigasi maka lakukan penyiraman dengan cara manual.

6.Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan jika umur tanaman sudah mencapai 15 hingga 20 hari dari masa tanam. Gunakan pupuk KC1, TSP dan juga Urea yang dicampur dan untuk dosisnya per hectare 125kg/hektar untuk KC1 200kg/Hektar untuk Pupuk TSP dan 50kg/ hektar untuk pupuk Urea. Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan cara menebar di sekitar tanaman lalu timbun pupuk tersebut dengan menggunakan tanah. Andapun dapat menggunakan pupuk kompos atau juga dapat menyemprotkan tanaman menggunakan pupuk organic cair untuk merangsang pertumbuhan bunga.
"kacang panjang7"

7.Mengatasi  Hama Tanaman Kacang Panjang

Hama penyakit tanaman adalah salah satu factor yang dapat menyebabkan produktivitas tanaman kacang panjang berkurang dan tidak maksimal hama tersebut adalah:
"kacang panjang8"

Kutu hitam
Kepik daun
Penggerek Polong
Ulat Grayak
Penyakit karat, dan bercak daun (cerospora)

Namun anda dapat mengatasinya dengan cara organic yaitu menggunakan pestisida hayati, karena terbukti pestisida hayati ini merupakan pestisida yang alami tanpa bahan kimia sehingga aman untuk tanaman. Seperti mengambil, membuang dan membakar tanaman yang telah terserang hama penyakit tanaman tersebut agar tidak menular ke tanaman yang lainnya. Atau anda juga dapat membasminya dengan menyemprotkan pestisida dengan proses yang tidak lama.
"kacang panjang5"

8.Masa Panen

Setelah usia tanaman kacang panjang mncapai 40 hingga 60 hari anda dapat melakukan panen dengan cara dipetik secara periodik. Tetapi perhatikan cara memetiknya jangan sampai bunga tanaman kacang panjang ini rusak. Cara memetiknya dengan mematahkan tangkai buah kea rah yang berlawana pilih kacang panjang yang berwarna hijau dan keputihan untuk di petik.

Itulah yang dapat kami sampaikan pada artikel dan postingan kali ini semoga berguna dan juga bermanfaat bagi  anda yang ingin menaman kacang panjang agar hasilnya  melimpah. Andapun dapat memperoleh hasil secara maksimal dengan keuntungan yang luar biasa jika cara menanam kacang panjang ini  dilakukan dengan metode yang benar.Termakasih sampai jumpa lagi